Tari Rangkuk Alu Menari di Google Doodle, Rayakan Hari Tari Dunia

by -224 Views

SOLO,HALORAKYAT.com –  Hari ini, Senin 29 April 2024, pengguna Google di Indonesia disambut dengan ilustrasi unik pada laman pencarian. Ilustrasi tersebut menampilkan sepasang kaki yang sedang menari di atas bambu. Ya, itu adalah Tari Rangkuk Alu, tarian tradisional asal Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang sedang dirayakan oleh Google Doodle.

pemilihan Tari Rangkuk Alu sebagai Google Doodle ternyata bertepatan dengan peringatan Hari Tari Sedunia atau International Dance Day. Tari Rangkuk Alu sendiri merupakan tarian yang diadaptasi dari permainan tradisional dengan menggunakan bambu sebagai alat utamanya.

Baca juga   CEO Microsoft Satya Nadella Bertemu Presiden Jokowi Hari Ini

Menurut situs resmi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), para penari Rangkuk Alu akan bermanuver dengan lincah melewati jempatan bambu yang bergerak ke atas dan bawah.

Tak hanya itu, penampilan Tari Rangkuk Alu biasanya juga diiringi oleh hentakan drum dan gambang untuk menambah semangat tarian. Menariknya, para penari Rangkuk Alu diperbolehkan untuk mengenakan berbagai macam aksesoris seperti rok panjang, hiasan kepala, atau selendang selama mereka bisa bergerak dengan luwes melewati rintangan bambu.

Baca juga   Sinopsis Film Badarawuhi di Desa Penari

Pemilihan Tari Rangkuk Alu sebagai Google Doodle ini tentunya menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Ini menunjukkan apresiasi Google terhadap kekayaan budaya Indonesia, khususnya tari tradisional yang unik dan menarik.

 

No More Posts Available.

No more pages to load.